UA-79781878-1 ngobkop: Bukan salahnya nbah google

Wednesday, June 8, 2016

Bukan salahnya nbah google




 




"Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie meralat keterangan pers institusinya yang sempat muncul pada Selasa kemarin. Dalam keterangan tersebut, ICMI mendesak pemerintah menutup YouTube dan Google karena dianggap terlalu bebas menampilkan konten pornografi dan kekerasan". (sumber: tempo.co. //judul: ICMI Ralat Pernyataan Soal Blokir Google dan YouTube RABU, 08 JUNI 2016 11:57 WIB)

Membaca berita diatas terus terang saya merasa lega, meski  sebelumnya sempat was was. Karena syukur nbah google tidak jadi didesak atau direkomendasi untuk ditutup. Maksudnya diblokir dari jagad dunia internet tanah air.

Sebelum membahas soal ini. Saya tidak bermaksud menjadi pembela bagi mesin pencari google. Mari sejenak kita ngobrol berdiskusi sambil ngopi dan silahkan bagi yg ahli hisap untuk menyulut sebatang rokok hehe. Mohon maaf nulisnya agak belepotan, karena ngetiknya pakai hp android.

Begini google ibarat sebuah pedang atau senjata clurit atau arit. Nah sebuah arit mempunyai dua mata sisi atau dua manfaat secara tujuan. Untuk hal positif atau digunakan maksud negatif. Untuk positif bisa sebagai alat untuk memotong rumput, memotong tangkai padi,  mengupas tebu, memotong bambu, mengiris buah mentimun, atau senjata jika para petani diserang ular. Celurit atau arit juga dikenal sebagai senjata khas tradisional sebuah suku di tanah air.

Nah sekarang kita berbicara jika arit digunakan untuk maksud negatif. Arit dengan ketajamannnya dari ujung hingga pangkal, bisa sangat berbahaya. Bisa digunakan untuk menghilangkan nyawa orang lain atau diri sendiri. Tidak usah terlalu sadis, jka tak sengaja saja melukai jari kita. Langsung kita meringis kesakitan karena darah terus mengucur.  Apalagi dipakai melukai jari orang lain, tentu berbahaya. Bisa dituntut atas pasal 351 KUHP tentang penganiayaan.

Jadi kalau kita berpikir secar nalar, sekarang yang berbahaya aritnya atau si pemegang arit??. Lha itu tergantung pelaku, mau diapakan arit itu . Karena arit cuma alat, benda tidak bisa begerak sendiri. Tidak punya nafsu, emosi atau tidak bisa marah. Bahkan arit tidak bisa menyabet atau menebas sesuatu sendiri ( kayak film film horor jaman dulu aja haha).

Jadi ibarat arit atau pedang, mesin pencari google hanya sebuah mesin yg menunggu tombol dari pemegang mesin. Tergantung perintah manusia selaku operator yang pikiran dan kemauan. mengetikkan keyword atau menombol keyboard. Jadi jangan salahkan google mengandung...eh sorry bunda mengandung. Semuanya dikembalikan pada sopirnya bukan mobilnya. Pingin ke kanan, mobil tentu belok ke kanan, sopir pingin ke kekiri, mobil akan berbelok kiri. Gak mungkin mobil bisa mampir ke warung sendiri haha.

Oke sekian dulu lain waktu kita lanjutkan ya...masih banyak sisi positif google yang bisa di manfaatkan untuk kesejahteraan manusia, bumi, langit dan isinya. Mungkin anda punya puluhan atau ratusan daftar list manfaat atau sisi positif google silahkan di share. Agar orang di luar sana tidak memandang sempit nbah google dari sudut kacamata negatif aja...see you



No comments:

Post a Comment